Posted on
Jangan hardik anak yatim dan jangan berlaku kasar kepada si miskin belas kasih kepada mereka dapat menjadi sebab tercapainya hajat dan tujuan. Jadikanlah mereka sebagai lahan amal ibadah. Karena dengan sebab menolong orang-orang lemah, kita akan memperoleh rezeki dan pertolongan Allah. 
Rasulullah SAW bersabda,.”Sesungguhnya Allah menolong kalian ummat ini karena sebab adanya orang-orang lemah diantara kalian yaitu,dengan sebab doa mereka, shalat mereka, dan keikhlasannya. Dan tidaklah kalian mendapat rezeki dan pertolongan Allah karena sebab kalian menolong orang orang lemah dari kalangan kalian sendiri. Sesungguhnya orang-orang yang pengasih akan dikasihi oleh Ar-Rahman Allah Tabaaroka Wata’ala Yang Maha Pengasih.  Oleh karena itu kasihilah siapa yang ada dibumi, niscaya kalian akan dikasihi oleh yang berada dilangit.  Ketahuilah kasih sayang adalah dahan yang rindang milik Allah yang maha Penyayang, siapa yang mengikutinya,maka Allah akan menyambungnya dengan rahmat pertolongan dan kasih sayangNya. dan siapa yang menjauhkannya, maka Allah akan memutuskan rahmat dengannya. (HR At-Tarmidzi dan An-Nasa’i)
KEISTIMEWAAN ANAK YATIM 
Imam Al Qurtubi mengatakan,. “Apabila anak yatim menangis maka terguncanglah Arsy Allah karenanya, sehingga Allah menyeru kepada malaikatnya,.”Apa yang menyebabkan anak itu menangis setelah ayahnya dikuburkan,”? para malaikat berkata “Wahai Rabb, sesungguhnya Engkau yang lebih mengetahui  apa yang terjadi”, maka Allah Taa’laa berfirman kepada para malaikatNya,.”Wahai malaikatKu, saksikanlah barangsiapa yang menghentikan tangisannya, menggembirakan hatinya, dan memudahkan kehidupannya, maka Aku ridho’ kepadanya dan menyayangi mereka pada hari Kiamat”.
Ditegaskan dalam AlQur’an, Allah Ta’ala berfirman.,”Apabila mereka bertanya kepadamu tentang Anak Yatim, katakalah, “Mengurus dan membantu urusan mereka secara patut adalah baik bagimu,  jika kamu bergaul dengan mereka itu juga baik, karena mereka itu adalah saudaramu, dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan, dan siapa yang mengadakan perbaikan..” (QS. Al Baqarah 220)