Posted on

Khutbah (pesan) ini beliau sampaikan di padang Arafah sehari menjelang Hari Raya Idul Adha saat Nabi Saw mengerjakan ibadah Haji yang terakhir, dan setelahnya berakhirlah hidup Nabi Muhammad Saw menghadap sang illahi..

Rasulullah SAW bersabda,. “Wahai sekalian manusia dengarlah baik baik apa yang hendak aku sampaikan, aku tidak mengetahui apakah aku dapat bertemu lagi dengan kalian semua selepas tahun ini. Oleh karena itu dengarlah dengan teliti dan sungguh sungguh kata kataku ini,

“Sembahlah Allah, Dirikanlah shalat, Berpuasalah dibulan Ramadhan, Tunaikanlah zakat sedekah dari harta kekayaan kamu dan Kerjakanlah ibadah haji sekiranya kamu mampu.

“Wahai sekalian manusia sebagaimana kamu mempunyai hak atas istri kamu mereka juga mempunyai hak keatas kamu. Sekiranya mereka menyempurnakan hak mereka keatas kamu, maka mereka juga berhak untuk diberi makan dan pakaian dalam suasana kasih sayang. Layanilah istri istri kamu dengan baik dan berlemah lembutlah terhadap mereka karena sesungguhnya mereka adalah teman hidup dan penjaga kamu yang setia.

“Wahai sekalian manusia tidak ada lagi Nabi dan Rasul yang akan datang selepasku ini dan tidak akan ada lagi Agama baru. Oleh karena itu nilailah dengan betul dan fahamilah kata kataku ini yang telah aku sampaikan kepada kamu.

“Ketahuilah bahwa setiap muslim adalah saudara kepada muslim lainnya dia tidak menzoliminya dan tidak pula membiarkannya. Kamu semua adalah sama tidak seorang pun yang lebih mulia dari yang lainnya kecuali dalam hal taqwa dan amal baik.

“Ingatlah bahwa kamu semua akan menghadap Allah pada suatu hari nanti untuk dipertanggungjawabkan atas segala apa yang telah kamu kerjakan. Oleh karena itu perbanyaklah berbuat kebaikan dan awasilah agar jangan sekali kali kamu keluar dari landasan islam dan kebenaran ini selepas ketiadaanku.

“Sesungguhnya aku tinggalkan kepada kalian dua perkara yang sekiranya kamu berpegang teguh dan mengikuti keduanya, niscaya kamu semua akan selamat (masuk surga) dan tidak akan tersesat selama lamanya yaitu AlQur’an dan Sunnahku (ajaranku).

“Ya Allah Ya Rabbi,.saksikanlah bahwasanya telah aku sampaikan risalah dan perintahMu ini kepada hamba hambamu sekalian. (HR. Imam Bukhari)

YAYASAN YATIM PIATU Daarul Amal
www.yayasandaarulamal.org
Membina Anak Yatim&Bimbingan AlQur’an

 

———

Rekening Sedekah Yatim

➡️ Bank MANDIRI Cabang Jakarta Timur
Rek: 006.000.710.2183
AtasNama: Yayasan Darul Amal

➡️ Bank BNI Cabang Jakarta Timur
Rek: 0262.937.443
AtasNama: Shatyr Shatry (Ketua Yayasan)

➡️ Bank BRI Cabang Jakarta Timur
Rek: 0933.0100.8358.537
AtasNama: Shatyr Shatry (Ketua Yayasan)

* * *
Info/Konfirmasi

Yayasan Yatim Piatu Daarul Amal

Jl. Pedati 1 No 12 RT 13/10
Bidaracina Jatinegara, Jakarta Timur

Telpon: 021-8502782

Whatsapp : 082111787669 / 081284846178

Email: yayasandaarulamal@gmail.com

Facebook : Yayasan Yatim Piatu Daarul Amal