Posted on

 

1. Niat Puasa Hari Senin
“NAWAITU SHOUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAN LILLAHI TA’ALA. Artinya, Saya niat puasa hari Senin sunnah karena Allah ta’ala

2. Niat Puasa Hari Kamis
“NAWAITU SHOUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAN LILLAHI TA’ALA – Artinya, Saya niat puasa hari Kamis sunnah karena Allah ta’ala.

Mengapa Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita berpuasa sunnah pada hari Senin dan Kamis ? Dalam hadits Rasulullah SAW bersabda,. “Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa. (HR. Tirmidzi)

Dalam hadits lain Rasulullah SAW juga bersabda,. ”Segala sesuatu itu ada zakatnya, sedang zakat jiwa itu adalah berpuasa dan puasa adalah separo kesabaran. (HR. Ibnu Majjah)

Cocoklah jika dikatakan bahwa puasa adalah zakat jiwa, karena dimana pada saat puasa kita membuang perangai jelek sehingga sesudah berpuasa dan berbuka, emosi,spritual dan bathin kita terasa menjadi lebih bersih dan tenang.

Berikut Beberapa Manfaat Puasa Sunnah Senin-Kamis Bagi Kesehatan

1. Memberikan Kesempatan Istirahat Kepada Alat Pencernaan.

Karena pada hari saat kita tidak berpuasa alat penceranaan didalam tubuh bekerja sangat keras, dan pada saat puasalah alat pencernaan tersebut beristirahat.

2. Membersihkan Tubuh Dari Racun dan Kotoran (Detok).

Dengan puasa Senin-Kamis berarti membatasi kalori yang masuk kedalam tubuh kita, sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat zat yang bersifat racun dan mengeluarkannya dari dalam tubuh melalui air seni.

3. Mencegah Penyakit Yang Timbul Karena Pola Makan Yang Berlebihan Gizi.

Kelebihan gizi akan mengakibatkan kegemukan dan dapat menimbulkan penyakit seperti kolesterol, asam urat, jantung, diabetes, dll.

Jadi selain baik untuk kesehatan, Puasa sunnah Senin Kamis bermanfaat untuk melatih kesabaran dan pembersih jiwa dan dosa. Dengan berpuasa secara teratur (bagi yang mampu), InsyaaAllah tubuh kita akan sehat dan dosa terhapuskan..

Yayasan Yatim Piatu “Daarul Amal”
Membina Anak Yatim dan Dhuafa
Melalui Yayasan Daarul Amal, Mari Donasikan Infaq Sedekah Yatim guna membantu kehidupan Anak Yatim Buka Puasa dan mewujudkan harapan mereka. Salurkan Sedekah Anak Yatim/Buka Puasa melalui Yayasan Yatim Piatu Daarul Amal

Rekening Sedekah Yatim

➡️ Bank MANDIRI Cabang Jakarta Timur
Rek: 006.000.710.2183
AtasNama: Yayasan Darul Amal

➡️ Bank BNI Cabang Jakarta Timur
Rek: 0262.937.443
AtasNama: Shatyr Shatry (Ketua Yayasan)

➡️ Bank BRI Cabang Jakarta Timur
Rek: 0933.0100.8358.537
AtasNama: Shatyr Shatry (Ketua Yayasan)

* * *
Info/Konfirmasi

Yayasan Yatim Piatu Daarul Amal

Jl. Pedati 1 No 12 RT 13/10
Bidaracina Jatinegara, Jakarta Timur

Telpon: 021-8502782

Whatsapp : 082111787669 / 081284846178

Email: yayasandaarulamal@gmail.com

Facebook : Yayasan Yatim Piatu Daarul Amal